Bukit Kosakora

Ternyata, deretan tempat wisata yang terletak di Gunung Kidul itu tidak hanya pantai saja lho, terdapat juga spot wisata berupa bukit yang menawarkan pemandangan indah langsung menuju laut, disana anda bisa melihat deburan ombak bak mengikis tebing-tebing yang kokoh. Spot wisata itu bernama Bukit Kosakora atau disebut juga sebagai Puncak Kosakora.

Puncak Kosakora ini menurut wisata di Jogja terletak di sebelah timur Pantai Drini, tepatnya berada di Desa Ngestirejo pada Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju spot wisata ini, anda hanya harus menempuh waktu kurang lebih 2 jam jika jalanannya tidak macet dengan jarak sekitar 55 km dari pusat Kota Jogja. Bukit Kosakora ini juga lokasinya dekat sekali dengan pantai yang pemandangannya sangat eksotis lho!

Eksotisme Pemandangan di Bukit Kosakora

Untuk masuk ke Bukit Kosakora, anda hanya akan dikenakan biaya retribusi Rp 10.000,- ketika masuk ke kawasan pantai Gunung Kidul, sedangkan untuk naik ke puncak Kosakora anda hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000,- saja. Untuk tiba di bukit, anda juga harus mendaki track yang cukup terjal dan melelahkan dengan jarak kurang lebih 2 km. Tak heran jika tempat ini menjadi favorit para pendaki dan pecinta alam.

Dari tebing ini, anda bisa menghirup aroma hembusan ombak, melihat pemandangan laut langsung dari ketinggian tertentu, bahkan anda juga bisa melihat mercusuar dari kejauhan yang berasal dari Pantai Baron lho!
Sayangnya, fasilitas di puncak belum memadai, akan sangat sulit menemukan warung-warung makan sehingga sebaiknya anda membawa bekal terlebih dahulu sebelum mendaki puncak ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata alam di Jogja yang satu ini adalah pada pagi hari dan sore hari, pemandangan matahari terbit di pagi hari bisa dibilang sangat cantik, begitu juga dengan pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Pada weekend, tanggal merah, atau akhir tahun, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung yang melakukan camp dan bermalam. Pemandangan yang indah dengan hamparan rumput hijau tentunya sangat mendukung tempat ini untuk dijadikan tempat berkemah. Udara di tempat ini sangat lah sejuk, menenangkan pikiran, dan menenangkan hati.