Bukit Kali Kuning

Ingat dengan letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam yang sangat dahsyat? Ternyata setelah letusan tersebut, pemerintah setempat mulai mengelola beberapa potensi tempat wisata alam yang berada di lereng Gunung Merapi, salah satu tempat wisata nya adalah Bukit Kali Kuning. Wisata alam di Jogja yang satu ini terletak di Kabupaten Sleman tepatnya di Kecamatan Cangkringan, DIY. Untuk mencapai bukit ini, anda bisa menggunakan rute ke utara melewati Jl. Kaliurang.

Pesona Bukit Kali Kuning Bagi Wisatawan

Keindahan alam Kali Kuning sangatlah menenangkan hati, bukan berarti anda akan melihat kali atau sungai berwarna kuning ya! Namun disini anda akan disuguhi berbagai pemandangan hutan yang berisi pohon pinus dengan udara yang segar. Tempat wisata yang dapat ditempuh dari pusat Kota Jogja dengan jarak kurang lebih 30 – 40 menit berjarak sekitar 15 km ini letaknya juga tidak jauh dari pemukiman warga hingga sesekali anda akan melihat beberapa warga yang memang berlalu Lalang di tempat ini.

Bukit Kali Kuning juga merupakan tempat mengalirnya mata air dengan ketinggian 1250 mdpl dan warga sekitar sangat bergantung pada mata air bernama Umbul Wadon ini. Konon katanya mata air ini muncul karena letusan Gunung Merapi ratusan tahun yang lalu. Umbul Wadon ini dianggap oleh warga setempat merupakan berkah karena mata air nya hampir tak pernah mengering meskipun di musim kemarau.

Tidak usah khawatir mengenai fasilitas dan akomodasi, tempat wisata alam di Jogja yang satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa pusat informasi, warung-warung makan, penginapan murah, toilet, dan area parkir yang luas juga aman. Bukit Kali Kuning kerap digunakan sebagai tempat camping oleh rombongan pramuka, tak sedikit juga para wisatawan yang sengaja bermalam mendirikan tenda di tempat ini.

Sebenarnya, tidak hanya pemandangan hutan saja yang bisa anda nikmati di Bukit Kali Kuning ini, anda juga akan disuguhi dengan berbagai bebatuan andesit dan tebing yang kokoh menjulang tinggi ditambah dengan suara jangkrik atau hewan-hewan alam yang akan membuat suasana terasa lebih alami.